NO

HAY...SALAM CERIA. BAGI YANG MAU COPAS TOLONG CANTUMKAN SUMBERNYA. BIAR GAK ADA PIHAK YANG DIRUGIKAN.OKEY (^0^) SELAMAT MEMBACA

Senin, 18 Oktober 2010

Ruang Lingkup Bisnis

1.>Pengertian Bisnis
Sangatlah bervariatif, ada banyak defenisi daripada bisnis itu, saya coba mencari pengertian bisnis itu dari berbagai sumber, namun saya hanya mengambil beberapa yang terbaik, paling tidak anda bisa menyimpulkan pengertian bisnis itu sendiri.
1.Pengertian bisnis adalah serangkaian usaha yang dilakukan 1 orang atau lebih individu maupun kelompok dengan menawarkan barang dan jasa untuk mendapatkan keuntungan/laba.
2.Pengertian bisnis adalah sebuah usaha, dimana setiap orang atau kelompok harus siap untung & siap rugi. bisnis tidak hanya tergantung dengan modal uang, tetapi banyak faktor yang mendukung terlaksananya sebuah bisnis, misalnya : reputasi, keahlian, ilmu, sahabat & kerabat dapat menjadi modal bisnis.
http://revolsirait.com/pengertian-bisnis

>JenisKegiatanBisnis:
• Produksi
Produksi adalah suatu kegiatan yang menghasilkan output dalam bentuk barang maupun jasa. Contoh : pabrik batre yang memproduksi batu baterai, tukang mie ayam yang membuat mie yamin, tukang pijet yang memberikan pelayanan jasa pijat dan urut kepada para pelanggannya, dan lain sebagainya.
• Konsumsi
Konsumsi adalah suatu aktifitas memakai atau menggunakan suatu produk barang atau jasa yang dihasilkan oleh para produsen. Perusahaan atau perseorangan yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen. Contoh konsumsi dalam kehidupan kita sehari-hari seperti membeli jamu tolak angin di toko jamu, pergi ke dokter hewan ketika iguana kita sakit keras, makan di mc d, main dingdong, dan sebagainya.
. Distribusi
Distribusi adalah kegiatan menyalurkan atau menyebarkan produk barang atau jasa dari produsen kepada konsumen pemakai. Perusahaan atau perseorangan yang menyalurkan barang disebut distributor. Contoh distribusi seperti penyalur sembako, penyalur barang elektronik, penyalur pembantu, biro iklan, dan lain-lain.
http://organisasi.org/pengertian_jenis_macam_kegiatan_ekonomi_arti_definisi_produksi_distribusi_dan_konsumsi_ilmu_pendidikan_ekonomi_dasar

2.>Tujuan kebijakan bisnis, antara lain:
• Melindungi usaha kecil dan menengah.
Kebijakan bisnis dibuat untuk melindungi usaha kecil dan menengah, karena mayoritas bisnis di Negara kita ini di dominasi oleh usaha-usaha menengah ke atas. Kebijakan ini berguna untuk mencegah usaha kecil tersingkir dan tidak mempunyai lahan atau wilayah berusaha. Padahal justru usaha kecil ini yang perlu dikembangkan sehingga bisa menjadi lebih besar dan mempunnyai daya saing.
• Melindungi lingkungan hidup sekitarnya.
Melakukan bisnis atau usaha di Negara kita ini memiliki aturan, dan itu diharuskan. Aturan tersebut antara lain adalah tujuannya untuk tidak merusak atau memberi dampak negatif kepada lingkungan hidup sekitar wilayah tempat usaha tersebut.Tidak dibenarkan jika membuang limbah ke tempat yang dimanfaatkan oleh penduduk sekita, seperti sungai. Dengan adanya kebijakan ini, maka para pebisnis juga akan meminimalisasikan dampak negative yang nantinya akan berimbas kepada penduduk dan lingkungan hidup sekitarnya.
• Melindungi konsumen.
Bisnis yang baik adalah usaha bisnis yang mementingkan pelayanan kepada konsumen. Konsumen adalah raja yang perlu dilindungi. Konsumen jangan sampai dirugikan atau dikecewakan oleh karena mengkonsumsi jasa atau barang yang diproduksi dari para pebisnis tersebut. Segala yang diberikan kepada konsumen haruslah yang terbaik dan pelayannya pun harus prima. Jika konsumen merasa dilindungi dan mendapatkan yang terbaik dari para pebisnis tersebut, konsumen tidak segan-segan bekerja sama kembali.
• Pendapatan pemerintah.
Banyaknya bisnis yang beroperasi di Negara kita ini tentunya juga memberikan keuntungan bagi Negara kita juga. Bisnis yang beroperassi memiliki kewajiban untuk membayar pajak kepada pemerintah. Inilah yang sering kita sebut dengan devisa. Semakin banyak untung/laba yang diperoleh suatu usaha bisnis, semakin besar pula ia harus membayar pajak Negara demikian sebaliknya. Devisa yang diperoleh tersebut digunakan lagi oleh pemerintah untuk melakukan pembangunan di tiap-tiap wilayah di Negara kita ini. Namun sering terjadi penyelewengan terhadap uang yang seharusnya menj.adi hak rakyat ini ( korupsi ).

3.>Sistem perekonomian
sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrim tersebut.Selain faktor produksi, sistem ekonomi juga dapat dibedakan dari cara sistem tersebut mengatur produksi dan alokasi. Sebuah perekonomian terencana (planned economies) memberikan hak kepada pemerintah untuk mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi hasil produksi. Sementara pada perekonomian pasar (market economic), pasar lah yang mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi barang dan jasa melalui penawaran dan permintaan.
Sistem Perekonomian pasar
Perekonomian pasar bergantung pada kapitalisme dan liberalisme untuk menciptakan sebuah lingkungan di mana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli barang yang mereka inginkan (dalam batas-batas tertentu). Sebagai akibatnya, barang yang diproduksi dan harga yang berlaku ditentukan oleh mekanisme penawaran-permintaan.
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_perekonomian

4> Jelaskan pengertian Kesempatan Bisnis?

Pengertian kesempatan Bisnis adalah Suatu Peluang Bisnis yang ada dan selalu berkembang seiring perkembangan peradaban manusia, karena kebutuhan dan keinginan manusia yang makin berkembang dan aneka ragam dan tanpa batas, serta ingin terpuaskan. Maksud dari pengertian tersebut adalah seorang manusia yang selalu mengikuti perkembangan zaman pada saat ini dan kemajuan perkembangan yang sangat pesat, membuat manusia tak pernah merasa puas dengan apa yang mereka miliki. Misalnya kemajuan perkembangan elektronik yang sangat berkembang cepat beri contoh; “ blackberry” dengan tiba-tiba muncul dengan harga yang sangat tinggi, tetapi banyak sekali para konsumen yang membeli dan menginginkannya menjadi kebutuhan mereka, dan dikarenakan dengan adanya handphone tersebut dengan harga yang mahal dan orang china mengambil kesempatan bisnis tersebut dengan membuat suatu barang yang bentuknya hampir sama dan dikeluarkan dengan harga yang murah dan membuat konsumen meminati barang tersebut. Itu adalah suatu kesempatan atau peluang yang berhasil menaklukan konsumen dengan barang tersebut.

5>Unsur-unsur penting dalam aktifitas ekonomi

a. keinginan manusia
Naluri dan karakter kekhalifaan ditunjukkan oleh adanya ego dan keinginan manusia yang tidak terbatas. Dalam ekonomi memenuhi keinginan yang tak terbatas akan menciptakan kelangkaan bagi orang lain.
b. sumber-sumber daya
Peranan ilmu ekonomi dalam kaitannya dengan sumber daya alam dan lingkungan yaitu mengenai pengambilan keputusan dalam penggunaan sumber daya alam yang langka. Penggunaan sumber daya alam untuk masa mendatang merupakan imbangan antarpenduduk dan sumber daya alam. Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berada di bawah maupun di atas bumi dan belum dilibatkan dalam proses produksi. Ada delapan isu penting yang berkaitan dengan sumber daya alam yaitu persediaan untuk kebutuhan manusia, lokasi persediaan, pergeseran ketersediaan sumber daya alam, kebijakan penggunaan, peranan sumber daya alam dan lingkungan, kualitas, kerusakan lingkungan dan mekanisme pasar.
c. cara-cara berproduksi (techniques of production)
cara pembuatan suatu barang pada umumnya berada di luar bidang ekonomi, tetapi persoalan barang atau jasa apa yang harus di produksi, berapa bnyak barang atau jasa itu yang harus di produksi dan cara-cara mana yng harus di gunaknan untuk memproduksi brang atau jasa tersebut sehingga mecapai pembiayaan yang minimal adalah termasuk dalam bidang ekonomi dan merupakan persoalan-persoalan yang harus di oerhatikan oleh ahli-ahli ekonomi.
Unsur yang harus diperhatikan ketika akan membentuk sebuah perusahaan
Organisasi, yang berfungsi mewujudkan keserasian dan keteraturan dalam kerja.
Tempat yang strategis, sebagai faktor pendukung keberhasilan sebuah usaha.
Faktor produksi, yang terdiri atas sumber daya alam, tenaga kerja, modal, dan kewirausahaan.
Produk, baik berupa barang ataupun jasa yang dapat memuaskan pelanggan dengan kualitas terbaik.
Keuntungan, sebagai tujuan yang hendak dicapai dari usaha yang dikelola.
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/10/jenis-–-jenis-perusahaan-dan-pasar-modal/

6>Yang dimaksud dengan Hakikat Bisnis adalah:

Kebutuhan manusia yang berupa barang dan jasa ynag harus dipenuhi kebutuhannya dengan usaha mendapatkan alat pembayarnnya yaitu uang atau tukar-menukar barang ( barter ) yang saling menguntungkan di antara 2 belah pihak.

7>Mengapa kita belajar bisnis?

a.Menambah bekal mahasiswa setelah lulus dan masuk dalam dunia kerja maupun berwirausaha.
b.Agar mahasiswa tidak buta hukum sehingga mengurangi resiko melakukan pelanggaran hukum baik hukum pidana maupun perdata.
3.Dapat mengetahui tentang hukum perdagangan sehingga kita dapat mengerti prosedur-prosedur dalam melakukan tindakan perdagangan.
4.Menghindari pembodohan hukum/penipuan dari pihak-pihak yang mencari keuntungan dari ketidaktahuan orang lain.

http://ketutsriarniti.blogspot.com/2009/12/manfaat-mempelajari-ilmu-hukun-di.html.Menambah wawasan hukum anak bangsa

>Manfaat kita sebagai mahasiswa mempelajari Bisnis :

a.Membantu kita untuk dapat bekerja secara efektif dan efisien didunia Bisnis.
b.Memberikan kemampuan : melihat, menganalisis, menyelesaikan masalah, mengambil keputusan Bisnis yang benar tentang berbagai aktivitas dan obyek Bisnis.
c.Sukses berkarir didunia bisnis.
Menyesuaikan dengan dunia bisnis yang selalu berubah, karena : globalisasi, perdagangan global, serta : perubahan dibidang teknologi.
>Alasan orang belajar bisnis:
Saling ketergantungan karena manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhannya.
Usaha mempertahankan dan meningkatkan standar hidup. Dengan bisnis seseorang dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya.
Kemajuan IPTEK.
Seseorang dapat berjualan melalui internet mengingat kemajuan teknologi yang semakin berkembang.
Hubungan internasional.
Seorang pengusaha yang telah mempunyai pasar, bisa dengan mudah mengekspor barangnya ke luar negri.
Adanya era globalisasi.
Dengan berkembangnya era globalisasi, bisnis maju dengan pesat dan tumbuh dengan bermacam-macam bentuk bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar