NO

HAY...SALAM CERIA. BAGI YANG MAU COPAS TOLONG CANTUMKAN SUMBERNYA. BIAR GAK ADA PIHAK YANG DIRUGIKAN.OKEY (^0^) SELAMAT MEMBACA

Sabtu, 18 Desember 2010

SEPUTAR PEMIKIRAN (RASIONAL) , PERASAAN (EMOSIONAL), DAN KEYAKINAN ( SPIRITUALITAS, IMAN ) YANG SEHAT

Apa yang aku pikirkan demikianlah aku adanya apabila pikiran itu menguasaiku terus menerus dan menjadi begitu mendalam, menguasai sendi- sendi kehidupanku. Jika aku berpikir terus menerus aku sakit maka aku bisa jatuh sakit.
Maka hati- hatilah dengan pikiran, karena pikiran bisa menyesatkan dan menjauhkan kita dari Tuhan Pencipta.

Pikiran bisa membuat kita stress, berandai- andai, berperang dalam diri, dan berbagai bentuk penampilan secara pemikiran yang akan menunjukkan bahwa bukan apa yang masuk ke dalam tubuh yang menyesatkan diri tetapi apa yang keluar dari pemikiran ( buah pikiran ) itu yang bisa menjadi menyesatkan diri serta menjadi batu sandungan bagi orang lain.
Maka perlu kita menjaga kesehatan pikiran dengan memberinya nutrisi yang sehat antara lain mengisinya dengan pengenalan yang benar akan Sang Khalik dan membaca, memikirkan, merenungkan dan menjalankan apa yang Tuhan Firmankan pada manusia ciptaanNya.
Sehingga pikiran kita tidak dikuasai ego tetapi tunduk di bawah kuasa Sang Pencipta.

Perasaan ( Emosi ) yang terlalu menguasai dan tidak bisa dikendalikan akan juga membuat kita nampak cengeng, labil ( tidak stabil ) dan bertingkah polah seperti kekanak- kanakan.
Perasaan yang pusat emosi dalam tubuh pada Limbic System akan muncul dalam bentuk cemas (anxietas), takut ( phobia ) , khawatir, terharu, sedih, senang, ,bahagia, cinta , sex dan lain- lain.
Tanpa perasaan , dunia ini terlihat kaku dan gersang, terlalu memakai perasaan maka dunia ini terlalu lembek dan tidak terkendali. Perasaan itu perlu, sehingga kita nampak manusiawi, tanpa perasaan maka kita nampak hewani adanya.
Di atas pikiran dan perasaan haruslah bertakhta keyakinan( Spiritualitas, Iman ), sebab dengan adanya keyakinan atau iman yang hanyalah pemberian Tuhan semata maka kita bisa menundukkan pikiran dan perasaan sehingga mempercayai Sesuatu yang tidak kita lihat dan berserah penuh kepada Sesuatu yang kita akui sebagai Sang Pencipta.
Apalah gunanya kuperoleh seluruh dunia ini dengan pola pikir dan perasaanku yang terdalam kalau jiwaku binasa ?
Maka sebagai manusia yang sehat secara Jasmani dan Rohani seharusnyalah memiliki Pikiran yang Takut akan Tuhan, memiliki Perasaan mensyukuri, mengagungkan dan memuji kebesaran Kasih Tuhan di dalam Keyakinan atau Iman sejati pada Dia yang telah berkenan menganugerahkan Pikiran , Perasaan dan Keyakinan ( Iman ) yang semua itu hanyalah Anugerah semata.
Kita dapat berpikir karena Tuhan menganugerahkan Otak dengan segala kehebatannya yang terdiri dari triliunan sel syaraf dan neurotransmitter yang begitu ajaib, yang hanya bisa kita tiru dengan sebentuk komputer yang jauh kecanggihan dan kehebatannya di bawah dari otak yang sudah Tuhan anugerahkan.

Kita punya perasaan atau emosi karena Tuhan menganugerahkan Limbik System sehingga kita dapat mengalami cemas, takut, khawatir , sedih, senang, bahagia, nikmat dan sebagainya sehingga hidup ini berwarna. Ada saat untuk menangis, ada saat untuk tertawa, ada saat untuk menabur, ada saat untuk menuai . Kita semua dapat merasakan Anugerah Umum dengan kemanusiaan kita semata .
Dan untuk dapat merasakan Anugerah Khusus hanyalah karena keyakinan atau Iman yang Dia anugerahkan dengan Tangan KasihNya.
Adakah aku sudah menaklukkan pikiranku, perasaanku, jiwa ragaku dan seluruh apa yang Dia telah anugerahkan padaku di bawah kaki Tuhan ?
Sehingga hari ini Kesehatan Jasmani dan Rohani yang prima aku alami ??? Tuhan tolonglah kami ciptaanMu. Amin.

http://www.seputarkesehataninstitute.com/2010/07/seputar-pemikiran-rasional-perasaan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar