NO

HAY...SALAM CERIA. BAGI YANG MAU COPAS TOLONG CANTUMKAN SUMBERNYA. BIAR GAK ADA PIHAK YANG DIRUGIKAN.OKEY (^0^) SELAMAT MEMBACA

Rabu, 07 Desember 2011

FUNGSI DAN PERAN KOPERASI

FUNGSI DAN PERAN KOPERASI
Fungsi dan peran koperasi dalam masyarakat sangat penting untuk kegiatan usaha, dapat dikelompokan ke dalam tiga aliran yaitu:
oAliran Yasdstick
Menurut pandangan aliran ini pada dasarnya hanyalah sebagai penetralisir keburukan yang timbul oleh sistem perekonomian kapitalis. Koperasi hanya sebatas menghindar pada persaingan yang tidak sehat pada isitem perekonomian kapitalis.

oAliran Sosialis
Aliran ini memandang sistem perekonomian kapitalis sebagai asal usul mula penindasan terhadap rakyat banyak,maka kehadiran koperasi di dalam masyarakat kapitalis harus difungsikan sebagai kekuatan mengganti sistem perekonomian kapitalis.

oAliran Persemakmuran
Memandang sistem perekonomian kapitalis sebagai suatu sistem perekonomian yang harus dihancurkan tetapi sebagai alternatif dari bentuk kerusakan kapitalis. Sebagai bentuk perusahaan alteratif,peranan koperasi harus terus ditingkatkan dan dikembangan sebagai suatu gerakan masyarakat dalam rangka mewujudkan masyarakat koperasi.

Fungsi Koperasi dalam Bidang Ekonomi dan Sosial

Usaha koperasi memiliki dua fungsi yaitu fungsi bidang ekonomi dan fungsi bidang sosial yang sangat berperan penting yaitu:
1.Fungsi dalam Bidnag Ekonomi
-Bermotif berusaha berperikemanusianaan
-Mengembangkan metode pembagian sisa hasil usaha lebih adik
-menumbuhkan sikap jujur dan terbuka dalam pengelolaan perusahan

2.Fungsi Dalam Bidang Sosial
-Mendidik para anggota untuk memiliki kerja sama dalam membangun tatanan sosial masyarakat yang lebih baik
-Mendorong terwujudnya suatu tatanan sosial yang bersifat sosial demokratis,melindungi hak dan kewajiban setiap orang

Aliran dan fungsi dalam bidangnya merupakan satu kesatuan yang snagat penting berperan dalam meningkatkan gerakan kesejahteraan rakyat untuk membangun bentuk perusahaan-perusahaan alternatif yang akan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar